“TEBU TELUI”

Sayur Tebu Telui
Spread the love
809 Views


Halooo semuanya….apa kabar ….

Tabik pun…………
Masih pada #dirumahaja kaan yaaa…dimasa pendemi seperti saat ini, tetap patuhi protokol yang sudah ditentukan oleh pemerintah ya geesss demi kesehatan dan keselamatan kita semua, tetap semangat, sehat dan dalam lindungan sang pencipta…amin yra

Mumpung masih #dirumahaja, kita masak bareng yuukkk, lebih sehat dan tentu saja lebih hemat..
Kali ini kita akan berkenalan dengan salah satu masakan khas daerah Pesisir Barat Krui yang tergolong cukup langka karena bahan baku nya yang sedikit kita jumpai di pasaran, karena belum di budidayakan secara komersial oleh kebanyakan masyarakat….yuuuuppp masakan kali ini gulai taboh “TEBU TELUI”

*
Tebu telui, terdiri dari dua suku kata yakni “tebu” (karena bentuk batangnya yang ber ruas) dan “telui” yang dalam bahasa indonesia berarti “telor”, merupakan sejenis tumbuhan yang batang pokoknya menyerupai batang tebu , dengan pucuk yang menghasilkan semacam bunga yang lama kelamaan membengkak dan membentuk gumpalan menyerupai telur ikan, terbungkus di pucuk daunnya. Yang dalam bahasa latin dikenal dengan nama “saccharum edule” famili dari “poaceae” memiliki sejumlah manfaat bagi kesehatan tubuh, diantaranya : meningkatkan sistim imun tubuh karena memiliki kandungan Vitamin B komplek, mineral yang sangat dibutuhkan tubuh, mencegah osteoporosis, meringankan gejala depresi, menyembuhkan batuk kering, serta masih banyak lagi manfaatnya.

**
Saat ini tebu telui cukup jarang di temukan dipasaran,kalau pun ada biasanya di jual dengan harga yang cukup tinggi , kisaran 10.000 per ikat berisi 5 buah (tapi harga ini biasanya akan mengalami kenaikan yang signifikan ketika menjelang lebaran tiba, karena menjadi incaran para pemudik ).

Seperti halnya sayur mayur lainnya, tebu telui bisa di dimasak dengan berbagai olahan, bisa di tumis, di santan atau bahkan di campur dengan aneka sayur lainnya. Di masyarakat Pesisir Barat Krui sendiri, tebu telui sendiri biasa diolah dengan cara di santan dengan aneka bumbu dapur.

Berikut cara sederhana pengolahan tebu telui bagi yang masih penasaran dengan rasanya ya…
Bahan :
3 ikat tebu telui, bersihkan
1 buah kelapa, peras denga 1,5 liter air
Bumbu-bumbu :
4 siung bawang merah
4 siung bawang putih
Cabe secukupnya, sesuai selera
1 ruas sedang kunyit
1 ruas sedang jahe
1 ruas lengkuas
1 batang serai
Daun salam secukupnya
Daun kemangi secukupnya
Asam kandis secukupnya
Gula, garam secukupnya
Tambahkan penyedap bila suka
Cara pembuatan :
Giling halus bawang merah, bawang putih, cabe, kunyit dan jahe
Serai dan lengkuas di geprek
Tumis semua bumbu sampai harum, tambahkan asam kandis dan daun salam, kemudian masukkan santan yang sudah di peras, tambah gula, garam dan penyedap, aduk sampai santan mendidih,setelah santan mendidih masukkan tebu telui dan masak hingga matang dan taburi dengan daun kemangi.

Tarrrrrraaaaa………..
Gulai taboh tebu telui siap di santap dan dihidangkan sebagai pelengkap lauk pauk makan bersama keluarga tercinta.

Tuuukaaann…hayooo anak rantau pasti kangen dengan masakan satu ini kaannn…. tapi, untuk saat ini tahan dulu ya gessss, meski lebaran sebentar lagi, jangan mudik dululah, mengingat kondisi pandemi yang masih belum terkendali.

Salam manis dari mami
tabik

Print Friendly, PDF & Email

Related posts