“Kacang Tujin “

Koleksi Pribadi
Spread the love
1,744 Views

Tabik pun

Waaah  gak kerasa bentar lagi lebaran tiba ya geesss..tetap semangat ya bagi yang belum bisa mudik ke kampung halaman, sajian cemilan khas satu ini semoga bisa mengobati kangennya ya.

Yuuuuppp…ini dia “Kacang  tujin”, cemilan khas dari Pesisir Barat Krui yang berbeda dari cemilan berbahan kacang lainnya, serta proses pembuatan yang sangat mudah, dengan bahan yang sangat sederhana yakni kacang merah.

*

Kacang tujin pada umumnya diolah  dengan rasa pedas atau asin, banyak dijumpai dan dijajakan  di warung-warung atau pasar, ada juga yang dijual secara online dengan harga yang beragam tergantung ukuran kemasannya, biasanya kisaran Rp.1.000.00– Rp 70.000.00.

Berikut cara sederhana bagi yang penasaran dengan cemilan gurih satu ini

Bahan :

1 kg kacang merah

Bumbu :

8 siung Bawang merah

8 siung bawang putih

Cabe secukupnya

Daun jeruk/seledri (bisa ditambahkan bila suka)

Garam secukupnya

Penyedap bila suka

Cara pembuatan :

  1. rendam kacang merah dengan air minimal 3 jam, sampai kulit ari nya mudah untuk di kupas.
  2. Kupas kacang merah, bersihkan dan tiriskan lalu goreng dengan minyak yang banyak hingga kecoklatan, angkat dan tiriskan
  3. Iris tipis daun jeruk/seledri
  4. Giling halus bumbu dan cabe lalu tumis hingga harum
  5. Masukkan kacang merah yang sudah digoreng, aduk hingga bumbu merata, tambahkan garam, penyedap dan taburkan irisan daun jeruk atau seledri.

Taraaaa…jadi dech kacang tujin nya…mudah dan sederhana kan, Cuma memang butuh  kesabaran dan waktu yang cukup lama ketika mengupas kacang merahnya…tapi tenang aja, kalo disini banyak yang menawarkan jasa khusus  pengupasan kulit kacang merah ini, kebanyakan ibu-ibu sih, dengan upah kisaran 10.000/kg.

Oia geesss… bagi kalian yang tidak suka pedas, resep diatas bisa digunakan tanpa memakai cabe yaa.

Gimana…dah kebayangkan rasa gurihnya…hayuukk  buruan buat, mumpung #dirumahaja.

Salam sayang dari mami

Tabik

Print Friendly, PDF & Email

Related posts