“Kabing Kelapa”

Umbut Kelapa (Google)
Spread the love
1,827 Views

Tabik pun

Apakabar semuanya, meski mulai bosan #dirumahaja, tetap semangat ya gesss, tetap produktif berkarya, jaga kesehatan tubuh dan fikiran yang utama, dan tentu saja jangan lupa berdo’a semoga pandemi covid 19 ini segera sirna, dan kita bisa beraktifitas di luar rumah dengan leluasa.

Hayooo ngaku sapa yang  belum pernah makan masakan unik satu ini…. “gulai kabing kelapa”, masakan bercita rasa manis-manis gurih, dengan  bahan utama umbut kelapa ini, dijamin bikin ketagihan.

            FOTO 2

Foto Dari Google

“kabing kelapa” yang dalam bahasa Indonesia berarti “umbut kelapa” Merupakan batang muda atau pangkal pucuk yang belum berkembang dari pohon kelapa, memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, terutama baik untuk pencernaan karena kandungan seratnya yang tinggi.

Bagi masyarakat Pesisir Barat Krui, “gulai kabing kelapa” termasuk dalam masakan istimewa, hal ini mengingat tanaman kelapa sendiri membutuhkan bertahun-tahun untuk tumbuh, kemudian dalam hitungan jam sudah bisa tersaji sebagai teman makan. Sayur khas satu  ini biasa di sajikan ketika akan melaksanakan hajatan seperti acara pernikahan (biasanya sayur ini disajikan sebagai  salah satu lauk bagi saudara dan kerabat yang sedang bantu pada acara tersebut)

Foto dari Google

Dan  yang penasaran serta ingin mencoba dirumah, berikut resep sederhananya :

Bahan

2 kg kabing kelapa

1 ½ liter santan dari perasan 2 butir kelapa tua

Bumbu :

Cabe merah secukupnya,haluskan

6 siung bawang merah, haluskan

6 siung bawang putih, haluskan

Ketumbar secukupnya, haluskan

4 buah kemiri, haluskan

2 ruas kunyit, haluskan

Jahe secukupnya, haluskan

1 batang serai, digprek

1 ruas lengkuas, digeprek

Asam kandis secukupnya

Daun salam secukupnya

Garam, gula secukupnya

Penyedap bila suka

Cara pembuatan :

  1. Bersihkan kabing kelapa, iris sesuai selera, tiriskan
  2. Tumis semua bumbu hingga harum, lalu masukkan kabing dan aduk hingga bumbu merata
  3. Masukkan santan, aduk dan masak hingga matang
  4. Tambahkan garam, gula dan penyedab bila suka

Daannnn…ini dia “gulai kabing kelapa” siap di hidangakan dengan tambahan ikan asin, sambel trasi…hmmm dijamin yummiii…nambah dan nambah lagi.

Oia gesss…untuk campuran cabe pada masakan kali ini, bagi yang tidak suka pedas, bisa juga menggunakan cabe rawit bulat, atau cabe iris, sesuai selera saja. Selamat mencoba..

Salam sayang dari mami

tabik

Print Friendly, PDF & Email

Related posts