Wisata Religi ‘Gua Matu”

Spread the love
1,623 Views

Pesisir barat krui  memiliki panorama alam yang menakjupkan, menjadikan pesisir barat sebagai tujuan wisata bagi para wisatawan lokal maupun mancanegara.

Selain dikenal dengan keindahan garis pantai sepanjang 210 kilometer, pesisir barat krui juga memiliki tujuan wisata lain yang tidak kalah memukaunya…inilah dia salah satunya : wisata religi gua matu

       

Gua matu yang dalam bahasa indonesia memiliki arti “goa batu” sesuai dengan krateristik sebuah goa alam pada umum nya, akan tetapi  ada juga versi lain menyebutkan bahwa “matu” merupakan sebutan bagi para penghuni gaib yang dipercaya menetap di gua tersebut.

Gua matu terletak di pekon way sindi kecamatan karya penggawa kabupaten pesisir barat provinsi Lampung ini, selain memiliki pemandangan yang indah juga memiliki kaitan erat dengan mitos mengenai keberadaan “dunia lain” yang mengakar di dalam keseharian masyarakat pesisir barat. Dimana dalam mitos menyebutkan bahwa “gua matu”merupakan tempat hidup dan berdirinya 12 kerajaan gaib yang melakukan aktifitas layaknya seperti manusia. Oleh sebab itu ada beberapa himbauan dasar yang wajib di patuhi oleh pengunjung jika ke lokasi ini, diantaranya adalah menjaga sikap baik tingkah laku maupun perkataan, menghormati budaya dan kepercayaan setempat dengan tidak merusak dan mengambil apa pun dari dalam gua kecuali gambar.

       

Menurut juru kunci objek wisat religi gua matu bapak makmur hakin bin maknal hakin ,tangga menuju goa batu sendiri berjumlah 299 anak tangga, tangga tersebut merupan sebuah wangsit yang mengharuskan jumlah anak tangga berada di angka sembilan, seberapa pun ketemunya ketika pelaksanaan pembanguan  berlangung.

Lokasi gua matu sendiri cukup mudah dijangkau oleh masyarakat luas, berjarak kurang lebih 11 km dari ibu kota kabupaten, dengan akses jalan yang bagus,dan fasilitas penunjang lainnya yang difasilitasi oleh pemerintah daerah kab pesisir barat.

Print Friendly, PDF & Email

Related posts