“Serunya mandi di irigasi Bendungan Way Biha” #krui#PesisirBarat

Spread the love
797 Views

“serunya mandi di irigasi Bendungan Way Biha”

“Tidak ada anak_anak yang tidak suka bermain air ” ungkapan itu benar ada. Dimana ada sumber mata air disitu selalu kita temukan kecerian mereka, terutama bagi kanak _ kanak yang besar di lingkungan pedesaan yang asri.Seperti hal seru yang satu ini ” mandi di irigasi bendungan Way Biha” yang terletak di Kecamatan Pesisir Selatan Kabupaten Pesisir Barat. Nyaris pada tiap sore hari akan kita jumpai sekelompok anak anak yang menghabiskan waktu mereka mandi dan bermain di aliran irigasi ini hingga hari menjelang malam.

dok Pribadi Elly Dharmawanti

Bendungan Way Biha sendiri merupakan bendungan yang berada diantara dua Pekon,. Yakni Pekon Paku Negara atau masyarakat Lokal biasa menyebutnya dengan pekon “pakor” (dengan intonasi khas Lampung tentunya) dan pekon Ulok Manik.Bendungan yang Dibangun pada tahun 1992 dan mulai dioperasikan pada tahun 1994 dengan luas area 1.879 ha ini merupakan bendungan andalan bagi para petani diwilayah sekitar dan masih berfungsi dengan baik hingga saat ini.

Ddok pribadi Elly Dharmawanti

Akses menuju lokasi aliran irigasi ini cukup mudah, bisa ditempuh menggunakan kendaraan roda dua atau roda empat, Melewati perkampungan penduduk dengan kondisi jalan yang cukup baik. Letaknya tidak terlalu jauh dari lokasi kantor kecamatan Pesisir Selatan.

Print Friendly, PDF & Email

Related posts