“Luah Bathin” Pemakaman Raja -Raja Kepaksian Pernong

Spread the love
556 Views

Pemakaman Raja -Raja Gedung batin kepaksian Pernong Skala Brak “Tambak Bata” atau juga di kenal dengan sebutan ” luah Bathin”, terletak di area lamban gedung kepaksian Pernong di Pekon Balak Kecamatan Batu Brak Kabupaten Lampung Barat.

Lokasi berada di pinggir jalan lintas utama dan hanya berjarak kisaran 10 km Dari kota kabupaten Lampung Barat, tepatnya berada diatas pemandian “salui Pitu” yang melegenda.

“Luah bathin” sendiri merupakan kompleks makan para raja dan para kerabat dekat kerajaan Skala Brak kepaksian Pernong yang tetap terawat dengan baik. berada di bawah pepohanan besar dan rindang rumpun bambu serta aliran air menuju pemandian “Salui Pitu”

Di komplek pemakaman inilah “Umpu Ratu Selalau Sanghyang Sangun Gukhu” Sultan Kepaksian Pernong yang merupakan salah satu penyebar agama Islam pada zamannya, merupan moyang dari Sultan Skala Brak Yang Di Pertuan Ke-23, Paduka Yang Mulia (PYM) Sai Batin Puniakan Dalom Beliau (SPDB) Pangeran Edward Syah Pernong beserta ratu Rochmasyuri ibunda dari PYM SPDB pangeran Edward Syah Pernong dimakamkan.

Print Friendly, PDF & Email

Related posts