Kampung Kopi Rigis Jaya Lampung Barat

Spread the love
647 Views

Kampung kopi rigis jaya terletak di pekon Rigis Jaya Kecamatan Air Hitam Kabupaten Lampung Barat, berjarak kisaran 72 km dari kota kabupaten Lampung Barat melewati jalan lintas Liwa.

Kampung yang berada di ketinggian gugusan bukit rigis ini memiliki panorama alam yang sangat asri dengan hamparan kebun kopi serta rumah rumah panggung penduduk.

Kampung Rigis Jaya memiliki beragam daya tarik yang dinilai sebagai keunggulan tersendiri. Selain keindahan alam dan budaya lokalnya yang bisa dinikmati wisatawan.

Kampung kopi rigis jaya merupakan salah satu dari 50 desa wisata terbaik dalam Anugrah Desa Wisata Indonesia(ADWI) tahun 2021.

Dan pada tanggal 29 /9 / 2021 lalu Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno sempat melakukan kunjungan ke desa wisata ini.

Kampung Rigis Jaya memiliki perkebunan kopi dengan luas lebih kurang 498,34 hektar. Setiap satu hektarnya, desa wisata ini dapat menghasilkan kisaran dua ton kopi.

Hal ini membuat warga setempat mampu memproduksi kopi robusta mencapai 1.058 ton dalam setahun. Potensi inilah yang juga membuat Kampung Rigis Jaya disebut sebagai Kampung Kopi.

Banyak hal bisa dilakukan selama berkunjung ke desa wisata ini, selain bisa mempelajari seputar kopi, mulai dari pembibitan, budi daya, pengolahan pascapanen, penyangraian, hingga penyeduhan hingga menjadi minuman kopi lezat, wisatawan juga dimungkinkan untuk berinteraksi langsung dengan para petani, sehingga pengalaman wisata yang didapat memiliki kesan tersendiri.

Print Friendly, PDF & Email

Related posts